IMG_6503

G. Merapi 2930Mdpl

Oleh 12 Pendaki:
Fuad H, M.K.A Rouf, Rifa EI, S. Yogi S, Muslih B, Indra BA, Indra CS, D Yoga, Edi P, Rachel PFA, Bimo, Aldino.

Perjalanan kita kali ini, Senin 15 Agustus 2016. kita menCoba ke Puncak G. Merapi.Gunung yang teletak di 3 Wilayah : yakni Kab. Magelang, Boyolali dan Yogyakarta.tidak terlalu tinggi si, tapi tetep MANTEP pendakiannya.
Kita sampai di Basecamp Selo pada hari Senin pukul 21:30 WIB, kenapa lama? biasa faktor manusia yang ditunggu telat kunjung datang. Sesampainya di basecamp selo kita langsung daftar untuk registrasi pendakian, kita ber 12 bayar Rp. 180.000,- jadi 1 anak Rp. 15.000,- sama Rp. 5.000,- untuk parkir 1 motor. sebelum pendakian kita cek dulu perlengkapan sambil istirahat.

Basecamp – New Selo,
dari Basecamp ke New Selo jaraknya cuman kira2 450 meter, katakan saja setengah kilometer, jalanya masih aspal, nanjaknya lumayan tapi belum terlalu. setelah sekitar 20 menitan (bagi yang cowok cukup 10-15 menit nyampe New Selo) kita langsung terlihat tulisan NEW SELO gedhe di atas kios2 dan depannya ada tempat parkir yang lumayan luar kira2 cukup untuk 10an mobil, ada gardu pandangnya juga.

New Selo – Gerbang, 
jalannya lumayan trak nanjak masih belum terlalu, agak membosankan karena jalannya masih setapak beton kira-kira 200 meteran kanan kiri masih ladang penduduk waktu itu masih termbakau yang ditenam. setapak habis lanjut track tanah. sampai di Gerbang lumayan capek, meski belum banyak berhenti. si Gerbang ada sebuah Gardu bertuliskan Gerbang Gunung Merapi, di sana ada joglo bisa untuk istirahat bahkan tidur.

Gerbang – POS 1
beberapa saat setelah Gerbang lewat ada 2 jalur, jalurnya sama sebenarnya, tapi kita ambil jalur yang kiri yang katanya landai. yang kanan nanjak habis.sete

IMG_6523

POS 1

lah sekian lama sampai lah di POS 1. di pos 1 juga ada Joglo lumayan lah bisa buat tidur 15 anak. kita istirahat sejenak di POS 1 mengingat ada yang sakit jadi kita buka Ransel dulu, masak, dan tidur sejenak

POS 1 – POS 2,
dari pos 1 sampai pos 2 menurut saya biasa seperti pendakian gunung pada umumnya, cuman sebelum harmpir di pos 2 mulailah kita melewati dan membelah retakan-retakan batu besar. yang masih bisa kita lewati dengan mudah.

IMG_6519

POS 2

POS 2 – Pasar Bubrah, track sudah mulai berbabatu, apalagi setelah hampir di Pasar bubrah mulai berpasir. jalannya nanjak lumayan tinggi, dan batu besar. sudah harus mulai berhati-hati di sini. nanjaaaaaaaaaakkk terus nanjaaaaaaak dan sampailah di track datar. berjalan sedikit dan akhirnya ada juga tulisan PASAR BUBRAH.sebelum pasar bubrah ada Tugu dan Memoriam orang yang meninggal di sana.

Pasar Bubrah – Puncak,
kalo dilihat sekilas dari

IMG_6506

Pasar Bubrah

pasar bubrah si puncak itu sangat dekat (dalam hati weeh cepak wisan dengan nada menyepelekan) tapi jangan salah ini perjuangan terakhir dan teramat berat kita dan sangat butuh perjuagan,  pada pukul 05:30 setelah solat subuh kita berangkat,emang kita tidak menargetkan sunrise puncak kali ini, tapi tetep alhamdulillah dapat sunrise walau belum sampai puncak.setelah melewati padang Pasar Bubrah yang tandus berpasir dan berserakan batu-batu k

IMG_6386

Sunrise Dari Atas P. Bubrah

ecil dan besar maka kita sampai juga di tanjakan berpasir, sekilas ringan tapi setelah dua atau tiga langkah masuk track pasir baru mulai keliatan beratnya. kalo biasanya 1 meter butuh 3 langkah kaki, di track pasir ini 1 meter mungkin butuh 5-8 langkah kaki. dan jarak track pasir yang menurut kita enggak seberapa itu ternya dilalui hampir 1 jam, tapi alhamdulillah kita masih di hibur sunrise di area ini (alhamdulillah dalam hati), dilanjut dengan track berbatu yang lumayan terjal, enak untuk naik tapi ndak enak

IMG_6396

Tanjakan Ke Puncak

untuk turun menurut pendaki cewek. sekitar 25 menit sampai lah puncaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak.. tak lupa sujud sukur di sana.

IMG_6467

Puncak

IMG_6483

Puncak


Ni Lama perjalanan kami 10 cowok, 2 cewek ( kan tetep ada ceweknya )

PUKUL Alokasi Lokasi
22:00 – 22:20 20 menit Basecamp – New Selo
22:20 – 23:20 1 jam New Selo – Gerbang
23:20 – 00:50 1 jam 30 menit Gerbang – Pos 1
00:50 – 02:00 1 jam Istirahat
02:00 – 03:15 1 jam 15 menit Pos 1 – Pos 2
03:15 – 04:45 1 jam 30 menit Pos 2 – Tugu/Memoriam
04:45 – 05:00 15 menit Tugu/Memoriam – Pasar Bubrah
05:00 – 05:30 30 Menit Istirahat
05:30 – 07:00 1,5 jam Pasar Bubrah – Puncak

kenapa lama? banyak berhenti, istirahat, sama…………. banyak tidurnya……

IMG_6473

Puncak

IMG_6476

Puncak

IMG_6478

Puncak

IMG_6457

Puncak

IMG_6437

Puncak

IMG_6510

Puncak

IMG_6514

Bawah Tugu Memoriam

IMG_6515

Bawah Tugu Memoriam

IMG_6501

Turun Puncak

DSCN9131

Susur pantai 2016 dari Trisik nyampe Glagah

Perjalanan pasma di ujung tahun kala ini adalah Susur Pantai, seperti biasa sepertiIMG_6305 tahun-tahun yang lalu acara pungkasan pasma adalah susur pantai. Cuman untuk rute/tujuan sedikit dibedakan, kalau dulu kita monoton dari Pantai Congot ke Pantai Glagah, atau dulu sekali pernah di Pantai Petanahan sampai Pantai Suwuk, Bumen. Beda sekarang kata temen-temen suruh ganti rutenya biar enggak bosen. Yep tetep Tujuan Utamanya di Pantai Glagah, tapi awalannya yang dibedakan yakni Pantai Trisik.
Dari Pantai Trisik Ke pantai Glagah sekitar 15kilometer. butuh waktu sekitar 2 hari 1 malam untuk mengarunginya. tentu saja malam tidak jalan.
Hari Pertama, Sabtu 22 Juli 2016IMG_6167
Pulang sekolah pukul 14:00 WIB. Star kita dari SMA Muhammadiyah Wonosobo, anak-anak sudah Packing dari kemarin, barang bawaanya pun sudah ada dibawa sekalian ke sekolah, karena mulai sekarang kita akan berkegiatan “pulang sekolah langsung berangkat” maksudnya ndak pulang ke rumah dulu. Seperti biasa sepulang sekolah segenap peserta melaksanakan chek perlengkapan, trus pengurus cek peserta.
14:30 WIB, setelah dirasa cukup dan mobil microbus dah siap kita langsung berangkat, berjumlah 20 orang dari SMA, karena 2 anak di Kertek, dan 2 anak di Sapuran, perjalanannya biasa aja cuma ada senda gurau di dalam bis. sehingga terasaaa sekali lamanya sampai di tempat tujuan (P. Trisik) pukul 17:30 WIB lebih, hampir menjelang maghrib. Kamu pasti tanya “nggak sholat  Asyar?” yup barang kali ada yang bertanya kami jawab “kebiasaan kami kalau mau kegiatan dan enggak pulang dulu kami melaksanakan sholat Asyarnya di jama’ Takdim saat sholat Dhuhur”.
17:30 WIB istirahat sebentar di pinggir pantai, kita enggak ambil foto karena hari sudah gelap, sudah dicoba tapi tetep gelap hehe.. setelah dikiria cukup kita Star Susur Pantai (jalan kaki menuju Pantai Bugel, melewati bibir pantai. catatan : kita biasa susur pantai siang hari, jadi suasana susur pantai di malam hari adalah . HOROR…. apalagi pukul 20:00 hujan rintik-rintik mulai turun, dan lama kelamaan bresssss…. byur… hujan lebat datang, bisa dibayangin dipinggir pantai, malem, hujan lebat, ombak besar… waaaaaaaaaaahh….
sampai di tempat perkemahan (antara P. Bugel dan P. Glagah) kita berhenti, suasananya luamyan jauh dari jalan, lumayan deket dengan pantai, dan banyak pohon cemaranya.. cocok untuk berkemah). dan suasana terpenting adalah.. malem minggu.. jadi malamnya panjaaang…
acara yang kita bikin di situ cuman masak, ngrumpi, nyanyi nyanyi tentunya ada api unggunnya donk.. sampai dini hari, pihak panitia menyarankan untuk tidak terlalu larut begadangnya, diputuskan pukul 2pagi semuanya disuruh untuk tidur agar perjalanan besok fit.

IMG_6157
05:00 agak kesiangan bangunnya, tapi ndak papa sek penting bangun, sholat subuh dan jalan-jalan pagi disekitar pantai, kebayang kan pagi jam 5 pantai kaya apa, sepi, sunyi, dan hanya ada suara ombak.
09:00 WIB karena lapar kita makan, karena makananna belum mateng maka kita masak dulu, jadi masak untuk makanan biar materng agar dapat IMG_6187dimakan.
lanjut packing, bersih-bersih sekitar dan mulailah perjalannannya, panjaaang sekali, samping kiri pantai dengan ombak besarnya dan samping kanan berjejer tambak udang milik warga sekitar, sedihnya beberapa tambak rusak akibat gelombang tinggi bulan Juni kemarin.

IMG_6208DSCN9152
14:00 WIB sampai juga di pantai Glagah sebelah timur, yang udah Wates Kecamatannya. istirahat sebentar, daaaaannnnn… cebyuuuuuuuurr…. hah beberapa anak main air, sampai-sampai diperingatin sama petugas diseberang bahwa ndak boleh berenang di muara.

DSCN9204DSCN9223
15:00 WIB melanjutkan istirhat di sekitar Pelabuhan ada warung lumayan buat numpang mandi, makan (beli) dan sholat Duhur jamak sama Asyar lagi. kebetulan mobil jemputan sudah datang, dikira cukup kita langsung naik mobil, eiiit sebelumnya foto-foto dulu… dan pulaaaang..DSCN9247
ada 1 kejadian mewarnai di kepulangan kami, kami sempat melihat ada mobil jeep masuk ke dalam sawah warga, dilihat-lihat si mobilnya ndak papa dan penumpangnya juga aman, semoga si aman betulan. sampai di sekolahan pukul 18:00 sore minggu nya.. kita pulang ke rumah masing masing.
Catatan : kita ber 24 ( 3 Guru Penamping, 4 Alumni, 1 Kelas 12, 8 Kelas 11, 4 Kelas 10, dan 4 calon kelas 10.
P. Didit, P. Fuad, P. Rouf, Riva, Olek, Gilang, Safii, Umi, Muslih, Edi P, Gilang, Yoga, Indra, Indro, Rachel, Ivo, lala, Dewi, Sintya, Winda, Aldino, Dika, Dina, Silva.

Other Foto :
IMG_6161IMG_6101IMG_6123IMG_6276IMG_6266DSCN9246DSCN9128IMG_6101DSCN9220DSCN9213DSCN9216DSCN9188

PENERIMA BSM/PIP 2016 SK-4

MASIH (nunut) di Blog Pasma, bukan maksud untuk apa-apa hanya saja supaya gampang di beritahu kepada teman-teman sekalian :
Syarat Pencairan :
1. Surat Keterangan dari sekolahan (ambil di sekolahan hub: pFu)
2. KTP/SIM/Kartu Pelajar
3. Datang Langsung ke BNI46 Wonosobo
4. Pencairan :  s.d. 30 Agustus 2016
5. Jika sudah cair harap kirim sms
–Format : Cair(spasi)“Nominal”(spasi)“Nama” ke: 085747331711
–Contoh : Cair 500.000 Saeful Mahmud Hari

NO NAMA SISWA JK KELAS Konfirm Cair
1 Santiyah P 11-BB  10/08/16
2 Nanda Meilania P 11-Ips.1
3 MUHAMMAD SHOLEH L 11-IPS.3
4 APRILIA DESI LARASWATI P 11-IPS.5
5 Laili Hidayani P 11-MIA.1
6 Samirah P 11-Mipa.1
7 Dwi Saputra L 11-Mipa.2
8 Muhammad Alamsyah L 11-MIPA.2
9 Ukhtun Wasliyah P 11-Mipa.2
10 Aprilia Himawati P 11-Mipa.4
11 Asmaul Husna P 11-Mipa.4
12 Dina Khayatun P 11-Mipa.4
13 Ika Nur Fitriyani P 11-Mipa.4
14 Neny Yuniyanti P 11-Mipa.4

 

 

By pasmamuhisobo

Calon Anggota Pasma

Ni Calon anggota pasma yang uda ngasih formulir (Kepada 5 pendaftar pertama berhak untuk mengikuti Program Kerja terkini “Susur Pantai”:

  1. Dina Musyarof
  2. Silva Amalia Rahma
  3. Aldino Rizqi Hadi Sofwan
  4. Nur Fadli
  5. Andhika Dhimas Pramaditya
  6. Hafidz Prasetya Nugraha
  7. Helmi Nurul Elisa
  8. Putri Nur Cahyanti
  9. Anugrah Ananda Putra
  10. Ayunitha Septi Nugrahani
  11. Muhammad Adib Amir
  12. Miza Kusmiati
  13. Dimas Fikri Ardiansyah
  14. Anjar Ligiat
  15. Emianah
  16. Inas Nurul Faizah
  17. Pasma Reza Ramandha
  18. Nabila Hasna Adawiyah
  19. Sisko Ahmad Sait
By pasmamuhisobo

Pendaftaran Anggota Baru PASMA

Dear, buat kamu nyang meh ikut Ekstra Pasma bisa daftar pada:

Hari : Setiap hari (kecuali libur)
Tanggal : 18 s.d. 31 Juli 2016
Waktu : 1. Jam Istirahat
2. Pulang sekolah (13:00 s.d. 15:30)
Tempat Pendaftaran : 1. Ruang Pasma
2. Sintya Ayu Ramadhani (085879822339)
3. Muslih Biladi (089617184395)
4. Bp. Fuad Hidayat (085747331711)
5. Bp. Rouf (085659658565)
Kuota Peserta : kelas X  = 15 anak
Kelas XI = 5 anak
By pasmamuhisobo
PIP-ilustrasi

PENERIMA BSM/PIP SMA Muh Wsb 2016

Sebelumnya mohon maaf, karena (nunut) di Blog Pasma, bukan maksud untuk apa-apa hanya saja supaya gampang di beritahu kepada teman-teman sekalian :
Syarat Pencairan :
1. Surat Keterangan dari sekolahan (ambil di sekolahan hub: pFu)
2. KTP/SIM/Kartu Pelajar
3. Datang Langsung ke BNI46 Wonosobo
4. Pencairan :  18 Juli s.d. 30 Agustus 2016
5. Jika sudah cair harap kirim sms
–Format : Cair(spasi)“Nominal”(spasi)“Nama” ke: 085747331711
–Contoh : Cair 500.000 Saeful Mahmud Hari

Daftar Penerima BSM/PIP sbb :

NO NIS  NAMA SISWA  JK  KELAS   NAMA BEASISWA Tgl Ambil S.Ket Sudah Cair
1 12745  TIKA WULANDARI P  11-IIS.5  BSM 2014
2 11987  SAEFUL MAHMUD HARI L  12-IPS.5  BSM 2014
3 12303  OKTAVIYANA P  12-IPS.1  BSM 2014
4 12552  FERMAN NGAFIFI L  12-Ips.3  BSM 2014  18/7
5 12071  AFIRZA PURNAMA ADI L  12-IPS.4  PIP 2015 Tahap 3
6 12083  AMALIA WAHDA WAFAK P  12-IPS.4  PIP 2015 Tahap 3  21/7
7 12093  ANDINI P  12-BHS  PIP 2015 Tahap 3
8 12293  NOVIANINGSIH P  12-IPS.5  PIP 2015 Tahap 3
9 12347  SENDY PUTRA WICAKSONO L  12-IPS.4  PIP 2015 Tahap 3
10 12170  ELFIANA P  12-IPA.1  PIP 2015 Tahap 2  18/7
11 12920  FARID RIYADI L  10-IIS.4  PIP 2015 Tahap 4
12 12955  IFA FATIMAH SOFIYA P  10-IIS.4  PIP 2015 Tahap 4
13 12246  JENI RAMANDANI P  12-IPA.1  PIP 2015 Tahap 2  18/7
14  NURHIDAYAH P  –  PIP 2015 Tahap 4
15 12687  RASHID WIDA PRADANA L  12-Bb.2  PIP 2015 Tahap 12  16/7
16 12745  TIKA WULANDARI P  11-IIS.5  PIP 2015 Tahap 4
17 12375  UMU KHANIFAH P  12-IPA.1  PIP 2015 Tahap 2
18 12809  WIWIT SURYANI P  11-MIA.1  PIP 2015 Tahap 4
19 12417  ACHMAD AAN MUNKOSIM L  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1
20 12420  ADI IRFANTO L  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
21 12433  Ahrul Rais L  12-Ips.2  BSM/PIP 2016 SK1  20/7
22 12437  AKHUNIYATUN P  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
23 12438  ALES SUWARDI L  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
24 12440  Alfiyan Andhi Pratama L  12-Bb.1  BSM/PIP 2016 SK1
25 12441  ALIF RAHMAYANTO L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
26 12443  ALIT AZIZAH P  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
27 12446  ALYA NUR AENI P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
28 12447  Amalia Majid P  12-Bb.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
29 12449  AMRI SYAFRIAH L  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
30 12451  ANGGITA YULIANI P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  21/7
31 12453  ANISSA DHEA PARAMITHA P  12-Ips.5  BSM/PIP 2016 SK1  Cair 5
32 12454  Annisaa Putri Desihana P  12-Bb.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
33 12456  Aprilia Putri Ashari P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
34 12460  ARI TRI SISWANTI P  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
35 12797  Arradea Igo Fauzi L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
36 12469  ASHAR AZIZ AFIFI L  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1
37 12470  ASSABIQ YUDHY AVANDA L  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
38 12473  Atina Nadin Rahma P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
39 12475  AYU PRASTIKA ARIFIN P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
40 12478  Aziz Nur Adzan L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
41 12484  BASIROH P  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
42 12487  Betty Kumala Asri P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
43 12492  CHOIRUL ANAM L  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1
44 12494  Cita Frida Maharani P  12-Ips.2  BSM/PIP 2016 SK1
45 12496  DAHLIA P  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1
46 12502  DESTI TRIYANI P  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
47 12503  DESTIANA P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
48 12504  DESTIN AYU ARIYANI P  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
49 12516  DIMAS NUSANTARA ADI L  12-Ips.5  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
50 12517  Dina Lutfi Hanifah P  12-Bb.1  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
51 12527  DYAH KUMALA SANTI P  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
52 12531  Eka Prasetya L  12-Bb.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
53 12539  Erlangga Yudhanto Wibowo L  12-Bb.1  BSM/PIP 2016 SK1
54 12540  Esti Handayani P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
55 12541  ESTIANAH P  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
56 12543  Eva Putri Yana P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
57 12544  FAJAR ADI PAMUNGKAS L  12-Ips.5  BSM/PIP 2016 SK1
58 12545  FAJAR ILAHI L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
59 12550  FEBRIAN TAOFIK ROMANDON L  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  20/7
60 12552  Ferman Ngafifi L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7

 

61 12553  FERY ANDRYANTO L  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
62 12555  FINA UTAMI P  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
63 12559  FISTA WULAN FACHRUNISA P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
64 12569  GITTA VANIA P  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7 Cair 5
65 12571  HAFIDZ RIDHOI L  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  20/7
66 12573  HANDIKA HARYADI L  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1
67 12578  Hera Karmila P  12-Mipa.2  BSM/PIP 2016 SK1
68 12579  Herman Setiawan L  12-Ips.2  BSM/PIP 2016 SK1  20/7
69 12584  IIN RUCHAMAH P  12-Mipa.2  BSM/PIP 2016 SK1  26/7
70 12591  INDRIYANA P  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
71 12594  Iqbal Wijdan Rosidi L  12-Ips.2  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
72 12595  IRFAN SEPTIONO L  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
73 12601  JUM’AT L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  21/7
74 12604  KHUSNUL FIRLIYANA P  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
75 12610  Latif Kurniawan L  12-Mipa.2  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
76 11177  LILIS KAROMAH P  XII IPS 2  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
77 12616  Liyana P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
78 12618  Lutfi Imanika Vianti P  12-Bb.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
79 12626  Melly Alfi Hasanah P  12-Ips.2  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
80 12627  MERRIN FARAHIDA P  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
81 12634  MUHAMAD FATLIHASAN L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  21/7
82 12637  Muhamad Rizki Rahman L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
83 12641  MUHAMMAD ISRO PRIHANDOYO L  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  18/7 Cair 5
84 12643  MUHAMMAD SHOLIH L  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
85 12646  NGATINEM P  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7 Cair 5
86 12650  Novi Lestari P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
87 12656  NUR ROHMAT FAJAR SISWAJI L  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1
88 12657  NURLATIMAH P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1
89 12658  NURRANI P  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
90 12660  Nurul Fahmi L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
91 12668  Padma Adhi Sanjaya L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1
92 12676  PUTRI NOVIA NURAISYAH P  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1
93 12681  RAFIKA NINI MU’ADAH P  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
94 12682  RAFIKOH NINI MULAZAMAH P  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
95 12684  RAHMAT APRIYANTO L  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
96 12688  RASYD HARDIANSYAH L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
97 12689  Ratih Noer Puspaningtya P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  20/7
98 12692  RESTIFARA MARTINA WIDYANTARI P  12-Bb.2  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
99 12693  RESTU AKTORIK L  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
100 12702  RINI SUMARNI P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
101 12706  RISMA NADYA MAY ENDINTA P  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1
102 12711  Rizki Dwi Setyo Rini P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
103 12713  Roy Ariyanto L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
104 12717  SAHRUL MUHAMMAD DANI L  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  20/7
105 12722  Selvia Nur Anisa P  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
106 12723  Septian Candra L  12-Mipa.2  BSM/PIP 2016 SK1
107 12726  SETYARIFQI L  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
108 12730  SITI NUR FAJRIYAH P  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
109 12731  SITI ROHANAH P  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  01/08
110 12734  SOFI P  12-Ips.5  BSM/PIP 2016 SK1  –  Cair 5
111 12735  Solekhah Nur Hikmah P  12-Ips.2  BSM/PIP 2016 SK1
112 12736  SRI HARYATI P  12-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
113 12738  Sugeng Riyadi L  12-Ips.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
114 12740  Syuhada’ Alfath L  12-Ips.2  BSM/PIP 2016 SK1  16/7
115 12744  TIKA LESTARI P  12-Mipa.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
116 12750  TRI YULIANTO L  12-Ips.4  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
117 12762  VIVI PUJIARTI P  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
118 12764  WAHYU ADI PAMUNGKAS L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair
119 12403  WULANSARI P  12-Bahasa  BSM/PIP 2016 SK1
120 12775  YANUAR ADI WIBOWO L  12-Ips.1  BSM/PIP 2016 SK1  18/7  Cair 5
121 12776  YANUAR SATRIO LEGOWO L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7
122 12779  YOGA PRASETYA L  12-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK1  18/7 Cair 5
123 12784  YULI ATIFAH P  12-Ips.5  BSM/PIP 2016 SK1  Cair 5
124 13185  ARIFUDIN L  10-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK2  20/7
125 13314  MEIYANA FAJRI P  10-Mipa.2  BSM/PIP 2016 SK2
126 13341  NANDHIROH P  10-Mipa.1  BSM/PIP 2016 SK2  20/7
127 13367  RAHMANTO L  10-Mipa.2  BSM/PIP 2016 SK2
128 13369  RANI PUPUT SEPTIANINGSIH P  10-Mipa.2  BSM/PIP 2016 SK2
129 13383  RINI LESTARI P  10-Bb  BSM/PIP 2016 SK2
130 13428  WAHYU RISTIANA P  10-Mipa.3  BSM/PIP 2016 SK2  20/7

demikian supaya dapat diteruskan.

By pasmamuhisobo
IMG_4963

Harusnya Sampai Puncak Sumbing 3371 Mdpl, belum rezeki kali

Masih terulang lagi misi tertunda dua tahun berturut-turut, yaitu muncak di atas 3000 Mdpl. taun kemarin (2015) kita juga belum dikasih restu oleh Allah untuk menapak kaki di puncak gunung Merbabu karena hujan dan badai, yah dimaklumi lah (baca : Badai di Merbabu, kita stop ). 4 kali program pasma ke merbabu baru kali terakhir ini yang ndak sampe puncak.
Cerita tunda puncak harus dialami Pasma lagi tahun ini, yeph.. G. Sumbing, kita harusnya mampu untuk sampai ke 3371 Mdplnya, tapi karena suatu halangan keinginan itu harus kita bayar di program yang akan datang (insya Allah).
Seperti biasa hari itu Sabtu, 16 April 2016, setelah dirasa cukup cek logistik, anggota, peralatan dan packing kita berangkat menuju lokasi peIMG_5070ndakian G. Sumbing via Garung Butuh, Wonosobo. Pukul 17:00 WIB kita berangkat menggunakan truk, sampe basecamp pukul 18:15 WIB, regristrasi ber-16 orang bayar Rp. 160.000,- (retribusi pendakian Rp. 8.000,- dan retribusi kebersihan Rp. 2.000,-/ orang). bentar aja langsung menuju desa Garung, sholat Magrib+isya.
Brifing bentar, pukul 8pm mulai pendakian, ( perlu diketahui kita ber 16 dan sebagian besar cewek). jalan dari dusun menuju pos 1, kita nggak ngojek (padahal nak mau ngojek juga bisa tinggal bayar 25ribu dah nyampe pos 1).
Perjalanan dari dusun sampai Pos 1 bagi kami ter

IMG_5015

Pos 1

mpuh selama 1,5 jam, di pos 1 merupakan terminal/pangkalan ojek turun. selain pangkalan ojek di sana juga ada bangunan yang cukup luas untuk berteduh, ada juga beberapa warung yang menjajakan minuman hangat dan gorengan.
Dari Pos 1 menuju Pos 2 sama kita tempuh hampir 2 jam, dengan track yang lumayan lah ya.
Dari Pos 2 menuju Pos 3 ini kita tempuh banyak jam.. sampai lupa kami lakukan.. karena banyak berhenti istirahat dll, terlebih sebelum pos 3 ada tanjakan yang curam dengan pijakan tanah yang licin sepanjang kira-kira 50-7

IMG_5006

Sebelum Pos 3

0 meter ke atas, emang si jalannya lebar kira-kira 20-25 meter tapi nah itu ndak ada pijakan ndak ada batu jadi untuk naik situ saja minimal kita butuh 30 menit lebih. berhenti sejenak di pos 3.
Nha dari Pos 3 ini drama dimulai, setelah berhenti di pos 3 kita naik sedikit ke atas kira2 50 meter, tepat di atas tempat datar di pos 3, kita berhenti lama kira2 30 menit sampai tidur, karena semua lelah (cewek). dirasa cukup kita melanjutkan karena suatu hal rombongan terbagi menjadi 3. r

IMG_5001

Pos 3

ombongan pertama hampir sampai pestan, rombongan ke 2 di tengah. dan rombongan ke 3 masih di tempat istirahat tadi. Ada teman kami cewek yang sakit, ndak kuat, gemeter, dan katanya sesak napas. biasa cewek nak lagi gitu kadang susah dibilangin, ditanya kenapa diem, sakit mananya diem, trus diem diem dan diem. bingung menghadapi.
Diputuskan rombongan terakhir camp di atas pos 3. bukan tempat camp si tapi kita bikin dan cari tempat yang datar. alhadulillah dapet walo cm 1 tenda. yang lainnya melanjutkan ke Pestan. dan camp di sana.
Bermaksud untuk muncak, tapi apa daya saking enak

IMG_4965

Pestan

nya tidur sampai bangun kesiangan, sholat subuh pun jadi kesiangan. jadi diurungkan saja karena faktor lainnya, terutama besok senin harus sekolah, ndak mungkin kalo diitung2 muncak kita turun sampai bawah sebelum magrib. yasudah kita foto-foto aja di situ. jam 10 kita turun. turunnya ya medun pokoke…

 

Senang dan Asyiknya Camp Game Competition 2 nya Pasma

OK Sob…

Briefing Berangkat

IMG_3416   Ini ni salah satu Program Kerja Pasma yang melibatkan seluruuuuuh Kelas di SMA Muhammadiyah Wonosobo. cuman sayang kegiatan ini hanya diadakan 1x aja dalam 2 tahun. (2 tahun sekali).
Kita namain namanya CGC-2 2016 singkatan dari Camp Game Competition 2015. Khusus untuk siswa&siswi SMA Muhammadiyah Wonosobo. eits.. tapi enggak semuanya.. cuman perwakilan tiap kelas aja.
CGC-2 adalah sebuah kompetisi permainan atau Outbond, yang dilombakan, kegiatan ini di luar ruangan alias Outdoor. Niat kita bikin di sebuah tempat perkemahan (camp Ground) di Kali Telu, Sapuran. lama kegiatan adalah 3 hari 2 malam. dan insya Allah baru SMA Muhammadiyah Wonosobo saja yang udah ngadain kegiatan kaya gini.
dari hari Jumat s.d. Ahad. dan diikuti oleh 120 peserta.
Jumat.
Kita berangkat dari sekolahan, menggunakan BUS eksekutif fuul AC (truck) 3 buah. star dariIMG_3336sekolahan pukul 15:00 (3 sore), sampai di perkemahan jam 16:00 (4sore) langsung kita masuk ke dalam dum. alhamdulillah kali ini lebih terorganisir dari pada tahun kemarin. kita sudah disediakan dum yang sebagian besar adalah bantuan (pinjaman) dari KISWAH outdor di kalibeber. langsung solat dan bersih diri.
18:00 WIB. sudah masuk waktu magrib, kita melaksanakan sholat magrib dan isya berjamaah di tengah perkemahan.
20:00 WIB acara pun dibuka, tidak semewah acara lain saat pembukaan tapi cukup mengena juga, panitia menyiapkan banyak lilin sebagai penerangan saat pembukaan dan yang paling mengesankan adalah ketika lagu indonesia raya dikumandangkan. selesai pembukaan peserta dipersilakan untuk mengadakan kegiatan sendiri-sendiri (acara bebas) sampae waktu tidur.
Sabtu
nah ini hari yang ditunggu, karena semua kegiatan/kompetisi diadakan di hari ini. lumayan

IMG_3409

Briefing Berangkat

seru pokoknya.
05:00 WIB wajib kita mengadakan sholat subuh berjamaah.
06:00 WIB sebelum sarapan kita diajak sama panitia untuk melihat-lihat alam sekitar Camp Ground juga sekedar bersapa salam sama warga sekitar. kita mengadakan tadabbur Alam di lereng2 hutan. juga melintasi tengah perkampungan warga. alhamdulillah warga sekitar semuanya ramah2.
07:00 WIB saat sarapan hujan… eh salah lebih tepatnya gerimis mulai turun. sempet bikin kita kecewa. Kecewa acara batal. tapi salah ternyata dari panitia tetep lanjuuuuuuuuuuuuut.
09:00 WIB semua sudah ganti seragam olah raga khas  SMA Muhammadiyah Wonosobo.. banyak game yang dimainkan a.l :

  • Magic carpet tapi permainannya hampir sama dengan kapal pecah, di sini kepedulian
    IMG_3550

    Briefing Berangkat

    IMG_3535

    IMG_3545

    Spyder Net

    kita sama sesama diuji, penuh pengorbanan sekali di permainan satu ini.

  • Spider Net yang namanya memasukin manusia ke lubang di tali rafia itu juga kudu kerjasama, kudu ngangkat anak untuk masuk ke lubang tersebut, sama untuk game ini juga menuntut kerjasama dan pengorbanan antar team.
  • Trush and Falls – percaya deh sama temen
  • Water Estafet – pake bekas gelas air mineral dilubangi trus diisi air, disuruh lewat atas kita untuk dikasih temen di belakang. kebayang langsung badan kita bakalan basah.
  • Tongkat Estafet – lucu permainan ini, bikin ketawa..
  • Pipa Bocor – permainan ini yang bikin badan kita basah,
  • Cincin Berpindah – lumayan asyik memasukkan cincin(holahoop) dari temen ke kita dan diteruskan lagi ke temenlainnya… lucu asyik..
  • Hell Berier – mendaki / menaiki sebuah jaring dan harus menyeberangi jari itu mudah ya (keliatannya) tapi kok saat praktek sulitnya bukan main ya?
  • 2 Line Bridge IMG_3561– dua tali dibentangkan dan kita harus menyeberanginya.. mudah si.. eits jangan seneng dulu yang harus kita seberangi itu sungai lho.. lumayan panjang 25 meter. dengan ketinggian banyak meter dari aliran sungainya. bikin horor juga. jika salah dan jatuh.. hem ndak tau gimana selanjutnya
  • Flying Fox – nih permainan yang paling ditunggu, menegangkan menakutkan tapi senang, lintasan kali ini lumayan panjang 100 meter, dan lumayan curamIMG_3650 juga kemiringannya.. jantung kami copot dibuatnya.. mana kondisi grimis.. bikin permainan ini lebih kelihatan horor.. tapi tetep PUASSSSSSSS….

kita kudu milih permainan mana yang akan kita selesaikan dulu, lumayan lama butuh sehari untuk menyelesaikan semua ini, terlebih untuk Flying Fox, yang paling berkesan dan paliiiiing lama ngantrinya. selesai sore hari.
17:00 WIB langsung bersih diri. eits sholatnya udah tadi ya pas dhuhur sekalian di jama’.
18:00 WIB biasa solat magrib dan isya.
20:00 WIB untuk kali ini ada api unggun.. sebenararnya di Muhammadiyah dilarang, tapi untuk kebutuhan menghangatkan badan yang udah seharian terguyur hujan.sambil anget2 sambil nyanyi nyanyita .. tak terasa udah waktunya tidur.

Ahad
yah hari terakhir, hari dimana kita harus berpisah dan seperti ndak ingin hari ahad ini muncul.
05:00 WIB solat subuh.. biasa lah ya.. berjamaah di tengah camp.
06:00 WIB olah raga dan jalan-jalan.. dilanjutkan sarapan
07:00 WIB penanaman pohon, kita tanam banyak sekali pohon di sana, banyak jenis dan banyak jumlahnya juga. 1 anak menanam 1 batang pohon. kita tanam menebar di seluruh kawasan. ada ratusan batang pohon.10:00 WIB waktunya acara penutupan. disini ada banyak kesan yang disampaikan, ada yang seneng, juga ada yang biasa-biasa aja.
11:00 WIB kita pulang…………….

IMG_1042

DikSar 1 Capek, harus Jalan dari Tieng-Tlaga Sembungan-Curug Sikarim-Garung

IMG_0883

Turun Di Setieng

DIksar kali ini agak beda dengan diksar sebelumnya, dulu kita pernah ngadain kegiatan sama persis seperti ini, tp untuk pelantikan bukan untuk dksar.
Longmartch yah itu tepatnya salah satu program dari Diksar Penerimaan anggota baru pasma. diprogram jalaaaan jauh dan lama untuk tujuan tes fisik calon anggota. karena kedepan banyak gunung dan sungai yang akan kita daki dan jelajahi.

15:00 cek perlengkapandan anggota
15:05 berangkat ke Tieng
17.30 sampai di Gardu Pandang Tieng.
nah dari sini kita langsung ngetrack lewat jalur pendakian Sikunir Via Tieng,
lumayan jauh untuk para pemula.
20:00 sampai di tlaga sembungan istirahat di lapangan sebentar.
20:00 lanjut jalan dari Tlaga sembungan ke curug sikarim
22:00 sampai di curug sikarim dan mendirikan tenda terus tidur dan.

paginya kita foto2 dan ada acara kecil,…
dirasa cukup kita turun dari Curug Sikarim jam 09:00 dan sampai garung pukul
13:00 dijemput truk. trus pulang.